Jumat, 02 Juni 2017

Beberapa Hal Yang Disunnahkan Ketika Berpuasa


Marhaban Ya Ramadhan.....Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah selain diwajibkannya umat muslim menjalankan ibadah puasa, di bulan yang suci ini tentu akan ada banyak sekali kesempatan bagi kita untuk menambah pahala dengan mengerjakan beberapa hal yang telah disunnahkan ketika berpuasa.
Sebagaimana kita ketahui bahwa telah tertulis di dalam Al-Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad "Dimana segala amalan shaleh yang kita kerjakan di Bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Alloh swt". Nah, apa sajakah itu??..Berikut adalah beberapa hal yang disunnahkan ketika berpuasa :
  • Menyegerakan Untuk Berbuka
          Segeralah berbuka apabila matahari telah benar-benar tenggelam dan telah memasuki waktu maghrib. Sunnah yang dianjurkan ketika berbuka ialah dengan minum air putih/ kurma atau dengan manis-manisan terlebih dahulu.
  • Berdo'a Ketika Berbuka
          Sebelum berbuka alangkah baiknya kita membaca do'a terlebih dahulu yaitu: 
"اَللَّهُمَّ لَكَ  صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلىَ رِزْقِكَ أَفطَرتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجرُ إِن شَاءَ اللَّهُ. اَلحَمدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِي فَصُمتُ وَرَزَقَنِي فَأَفطُرتُ، اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسئَلُكَ بِرَحمَتِكَ الَّتِي وَسِعَت كُلَّ شَيءٍ أَن تَغفِرَ لِي".
روى أوله أبو داود وأخره ابن السني.
"Ya Allah hanya karenaMu kami berpuasa, hanya padaMu kami beriman dan dengan riskiMu kami berbuka. Dahaga telah hilang, urat-urat (kerongkongan) telah basah dan pahala akan tetap Insya Allah. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pertolongan sehingga aku bisa berpuasa kemudian Ia memberiku riski sehingga aku bisa berbuka, Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadaMu dengan luasnya RahmatMu agar Engkau mengampuniku".
Hadits yang dari awal diriwayatkan oleh Abu Daud sedangkan yang akhir oleh Ibnu As-Sunni.

  • Sahur
          Walaupun hanya sedikit makan dan sedikit minum (seteguk) sudah terbilang sahur dan mendapatkan kesunnahan.  Hikmahnya ialah agar memperkuat kita disaat berpuasa.
  • Memberi Buka Kepada Orang Yang Berpuasa
          Memberi buka kepada orang yang berpuasa merupakan salah satu sunnah yang di anjurkan karena pahalanya sangat besar, sesuai yang di jelaskan dalam hadist.
"Barang siapa memberi buka kepada orang yang berpuasa, niscaya ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang tersebut, hanya saja  pahala orang yang berpuasa tersebut tidak akan berkurang sedikitpun ". (HR. AT-tirmidzi) 
  • Jika Dicaci Orang Lain, Jawablah "Aku Sedang Berpuasa".
          Dalam Hadits riwayat Bukhari dan Muslim telah di jelaskan 
"Apabila seseorang sedang berpuasa, janganlah ia berkata jorok maupun berbantah-bantahan. Jika ada orang yang mencacinya atau mengajaknya bertengkar hendaknya ia berkata, "Aku sedang berpuasa". 
Jika puasanya dadalah puasa ramadhan, sebaiknya dijawab secara lisan,akan tetapi apabila puasanya bukan puasa ramadhan maka lebih baik dijawab secara samar-samar saja atau dalam hati. Karena takut tergelincir dalam riya'.
  • Mandi Janabah.
          Yaitu mandi Setelah haid atau nifas sebelum terbit fajar, agar puasanya sejak pagi sudah dalam keadaan suci. 
  • Berbuat Baik Terhadap Keluarga dan Kerabat Serta Memperbanyak Shadaqah Bagi Fakir Miskin.
  • Senantiasa Untuk Melakukan Sholat Tarawih Dari Awal Sampai Akhir Ramadhan.
          "Barang siapa yang melakukan Qiyam Ramadhan karena Iman dan penuh harap (pahala dari Allah), maka ia akan diampuni dari dosanya yang lalu". HR. Bukhari dan Muslim
        Qiyam Ramadhan yang dimaksud ialah sholat tarawih.
  • Lailatul Qadar
          Pada bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa yaitu malam lailatul qadar, malam yang penuh berkah. Malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Rasulullah saw. amat menjaga-jaga untuk bida meraih lailatul qadar. Maka, Beliau menyuruh kita mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kenapa? Karena, “Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Begitu kata Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Bahkan, untuk mendapatkan malam penuh berkah itu, Rasulullah saw. mengajarkan kita sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.” Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku.
        

Bagikan

Jangan lewatkan

Beberapa Hal Yang Disunnahkan Ketika Berpuasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

9 komentar

Tulis komentar
avatar
2 Juni 2017 09.45

Subhanallah sangat bermanfaat sekali mas

Reply
avatar
2 Juni 2017 23.10

wah keren nih buat org2 muslim khususnya

Reply
avatar
3 Juni 2017 05.15

Wah, kalo ane sih lebih suka menyegerakan berbuka :D

Reply
avatar
4 Juni 2017 22.25

subhanaallah mas sangat bermanfaat bagi orang banyak ini. lanjutkan mas

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>