Rabu, 01 Maret 2017

Langkah Langkah Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan



Langkah Langkah Melakukan Klaim Asuransi-  Seperti yang kita bahas dalam artikel sebelumnya, ada beberapa jenis asuransi yang dimana setiap jenis asuransi tersebut memiliki beberapa menfaat tersendiri dan kini salah satu program asuransi yang tengah gencar diadakan oleh pemerintah adalah program asuransi kesehatan,
program ini bertujuan guna membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk bisa melakukan pengobatan.
Manfaat memiliki asuransi kesehatan adalah perusahaan asuransi akan menanggung resiko keuangan akibat gangguan kesehatan yang terjadi pada kita maupun keluarga kita sesuai dengan ketentuan yang ada dalam buku polis.

 Sebelum kita memutuskan untuk memilih jenis asuransi, hal penting yang harus kita pahami adalah istilah-istilah dalam polis asuransi. Dalam asuransi kesehatan kita sering mendengar istilah klaim, meski prosedur tersebut telah dijelaskan oleh agen asuransi dan tertulis jelas dalam buku polis, ternyata masih ada  sebagian orang yang belum memahami apa itu klaim dan prosedur untuk melakukan klaim.
"Klaim adalah istilah untuk menyebut permintaan atau pengajuan yang dibuat oleh pemegang polis untuk mendapatkan manfaat dari perusahaan asuransi".  

Agar pengajuan klaim dapat diterima oleh perusahaan asuransi maka ada beberapa langkah yang wajib kita ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan klaim, yakni sebagai berikut :

1. Memahami Prosedur Klaim Asuransi Kesehatan
    Hal ini wajib diketahui oleh pemegang polis karena pada dasarnya ada dua jenis prosedur klaim asuransi yaitu sistem kartu (cashless) dan sistem penggantian (reimbursement).
  • Sistem kartu (cashless) artinya perusahaan asuransi akan langsung melakukan pembayaran kepada pihak rumah sakit, sehingga kita tidak perlu lagi membayar uang jaminan atau biaya rumah sakit.
  • Sistem penggantian (reimbursement) biasanya kita harus terlebih dahulu menyiapkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan dan selanjutnya uang yang kita keluarkan akan diganti oleh perusahaan asuransi setelah kita mengisi formulir pengajuan klaim asuransi.
2.  Mengisi Formulir Pengajuan Klaim
     Apabila kita menggunakan sistem penggantian / reimbursement maka kita diharuskan mengisi formulir pengajuan klaim secara detail dan lengkap yang berhubungan dengan pemegang polis, mulai dari nama pemegang polis, nomor polis, dsb dan pada beberapa kita juga diwajibkan mengisi data mengenai rumah sakit yang dilengkapi tanda tangan dokter yang menangani disertai dengan stempel dari rumah sakit.

3. Melampirkan Tagihan Rumah Sakit Secara Lengkap
    Salah satu syarat yang harus di lengkapi saat mengisi formulir pengajuan klaim asuransi ialah menyertakan tagihan secara lengkap dari rumah sakit, tagihan tersebut biasanya terdiri dari indentitas pasien, diagnosa penyakit, biaya tindakan, biaya obat-obatan, nama dokter yang menangani serta tgl penanganan medis. Sebelum kita melampirkan tagihan, alangkah baiknya kita mengecek kembali informasi-informasi tagihan rumah sakit tersebut yang berkaitan dengan identitas pasien, jumlah biaya serta penyakit yang di diagnosa. Karena, apabila salah dalam mengisi identitas pasien ataupun informasi lain dapat menyebabkan proses pengajuan di tunda bahkan kemungkinan bisa ditolak oleh perusahaan asuransi.

4. Mengajukan Klaim Secepatnya
    Pengajuan klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement tidak boleh di tunda-tunda, biasanya perusahaan asuransi memiliki batas kedaluwarsa untuk mengatur klaim yang telah diajukan oleh tertanggung. Jika kita melakukan klaim setelah lewat tanggal kedaluwarsa, sudah pasti pengajuan klaim kita akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Semakin cepat kita melakukan klaim maka semakin cepat kita akan mendapatkan biaya pengganti dari perusahaan asuransi.

5. Menyimpan Salinan Berkas - Berkas Klaim Asuransi
    Langkah terakhir setelah kita melakukan klaim asuransi ialah menyimpan semua salinan berkas-berkas yang pernah kita ajukan kepada perusahaan asuransi. Hal ini di anjurkan karena untuk mengantisipasi apabila suatu saat perusahaan mengalami kehilangan data klaim kita tanpa disengaja. Selain itu kita juga bisa menggunakan salinan berkas tersebut untuk melengkapi data klaim asuransi yang kurang lengkap.

Itulah langkah-langkah yang harus kita perhatikan dalam melakukan pengajuan klaim asuransi kesehatan agar pengajuan klaim kita bisa cepat disetujui oleh perusahaan asuransi, sekali lagi sebelum kita memutuskan untuk mengambil jenis asuransi lebih baik kita meminta informasi yang lebih detail lagi kepada agen asuransi agar kita tau mana yang terbaik sesuai kebutuhan kita. Oke saya rasa cukup informasi yang bisa saya share kali ini dan informasi ini saya ambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat untuk kita semua.

      


Bagikan

Jangan lewatkan

Langkah Langkah Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>