Selasa, 28 Maret 2017

7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik



Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang dan salah satu cara yang sering dilakukan agar memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dengan melakukan diet atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung 
lemak/karbohidrat yang berlebihan. Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda sudah rutin melakukan diet tetapi berat badan Anda tak kunjung turun dan justru semakin naik?.
Sebenarnya dalam mengurangi berat badan ada beberapa faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam melakukan diet, salah satu faktor yang perlu di perhatikan adalah aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Mengapa demikian ???

Berikut ini adalah 7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik :
  • Kurang Minum Air Putih.   
       Minum air putih yang cukup bisa membantu mencerna makanan dan menyerap lemak dengan baik dan apabila kita kekurangan air putih maka, bukan tidak mungkin kita akan mengalami dehidrasi dan gangguan saluran pencernaan. Menurut penelitian bahwa seorang yang menjalani diet, minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum waktu makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kg.
  • Makan Tidak Teratur
     Banyak orang yang terlau sibuk dengan aktivitasnya dan tidak memperhatikan pola makan sehingga pola makan mereka menjadi tidak teratur dan tidak tepat waktu. Perlu kita ketahui makan tidak teratur dapat memperlambat tingkat metabolisme yang menjadikan lemak dalam tubuh menumpuk. Oleh karena itu  makanlah yang teratur dan sesuai waktunya.
  • Kurang Tidur
      Waktu tidur yang kurang menjadi salah satu fakor mengapa berat badan bisa menjadi naik, hal ini terjadi karena apabila seseorang kurang tidur biasanya akan merasa lapar walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang sebab ketika kita kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi dan hormon inilah yang bisa mengatur rasa ingin makan.
  • Tidak Fokus Makan
      Di era modern seperti ini banyak orang yang lupa cara menikmati waktu makan, kebiasaan yang sering dilakukan pada waktu makan yakni sambil bermain gadget atau menonton telivisi. Nah, misalnya pada saat kita makan sambil menonton telivisi akan membuat kita lupa diri, karena kita lebih fokus ke televisi sehingga kita tidak sadar dengan rasa makanan yang kita makan. Perlu kita garis bawahi, ketika seseorang makan dengan lambat hal itu dapat membantunya merasa cepat kenyang, sedangkan lemak juga akan sulit dicerna apabila kita mengunyah terlalu cepat.
  • Terlalu Sering Makan di Luar 
    Cara terbaik untuk menghitung kalori dan menurunkan berat badan adalah makan makanan dirumah, hal ini sangat dianjurkan karena ketika kita makan diluar kita tidak bisa mengatur berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.
  • Mengkonsumsi Minuman Berkalori Tinggi
      Hindarilah mengkonsumsi minuman berkalori tinggi seperti soft drink atau minuman kaleng yang manis. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya. Semisal kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori maka, kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari. Gantilah minuman tersebut dengan air putih, teh atau kopi tanpa gula. 
  • Melewatkan Sarapan Pagi
   Sarapan pagi memiliki pengaruh terhadap penurunan berat badan, karena tubuh dapat memetabolisme secara cepat yang mempengaruhi proses pembakaran kalori secara lebih baik. Maka dari itu usahakanlah mengkonsumsi makanan 2 jam setelah bangun pagi. 

Sekarang kita lebih tau ternyata kebiasaan tersebut malah dapat membuat kita menjadi lebih gemuk atau berat badan kita tidak berkurang. Olahraga yang teratur merupakan salah satu kunci penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan penurunan badan yang sehat. 
Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Bagikan

Jangan lewatkan

7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>