Rabu, 15 Februari 2017

Tips Dalam Memilih Asuransi Yang Tepat



 Tips dalam memilih asuransi yang tepat - Seperti yang kita bahas dalam postingan kemarin bahwa asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian resiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan atau mentransfer dari suatu pihak ke pihak lain yang dimana hal ini adalah perusahaan asuransi. Dalam memilih asuransi tentu kita tidak boleh sembarangan dan tentunya  kita harus  mempertimbangkan banyak hal,
agar tidak salah menanamkan uang kita plus asuransi yang kita dapatkan benar-benar produk asuransi yang tepat. Nah, kali ini saya akan memberikan tips bagi anda  yang masih bingung atau ragu dalam memilih asuransi yang tepat.
  • Sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama adalah menyesuaikan kebutuhan, yang dimaksud adalah setiap produk asuransi memiliki manfaat tersendiri tergantung dari kebutuhan nasabah tersebut. Seperti :
           a. Pencari nafkah atau tulang punggung keluarga asuransi yang dibutuhkan ialah asuransi jiwa.
           b. Untuk keluarga ialah asuransi kesehatan.
           c. Menjaga agar nafkah berjalan terus ialah asuransi  kecelakaan atau asuransi pekerjaan.
           d. Untuk kelangsungan pendidikan anak yaitu asuransi pendidikian.
           e. Untuk properti atau kepemilikan ialah asuransi rumah, mobil dan asuransi bencana.
           f. Asuransi tabungan yaitu asuransi dwiguna, unitlink dan dana pensiun.
  • Menyesuaikan kemampuan (Anggaran). Besaran asuransi atau premi yang harus di bayar oleh nasabah ke perusahaan asuransi bisa disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Biasanya berkisar antara 10%-15% dari pendapatan dan untuk pembayaran premi sendiri bisa dilakukan bulanan, triwulan, semester atau tahunan. Agar tidak mengganggu untuk kebutuhan lainya maka pilihlah asuransi yang preminya relatif rendah dibandingkan yang plus investasi.                  
  • Pelayanan. Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan pelayan extra yang dapat membantu Anda apabila membutuhkan informasi detail tentang produk yang Anda butuhkan dan bisa membantu Anda ketika mengalami masalah klaim dll. Selain itu pilihlah produk asuransi dari perusahaan asuransi yang jelas terdaftar di  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dilakukan oleh tenaga pemasar yang berlisensi atau srtifikasi dari AAJI atau AAUI.                            
  • Memahami produk. Sebelum Anda menandatangani Surat Pengajuan Asuransi Jiwa atau SPAJ alangkah baiknya anda memahami tentang produk-produk yang Anda butuhkan dan jangan sungkan-sungkan terhadap tenaga pemasar bersikaplah terbuka dalam memberikan informasi, tujuannya adalah menghindari penolakan saat pengajuan klaim.                                   
  • Berasuransilah selagi masih sehat. Perlu Anda ketahui bahwa inilah salah satu syarat apakah Anda akan diterima sebagai nasabah. Karena setiap perusahaan asuransi memiliki kriteria-kriteria calon nasabah atau calon pembeli asuransi, bahkan ada perusahaan asuransi yang menolak pengajuan asuransi yang diberikan calon nasabah jika dirasa tidak memenuhi kriteria mereka.                                                                                                                                                          
  • Pastikan membaca ulang polis untuk memahami ketentuan polis yang berlaku apakah sama dengan kesepakatan pada saat proses pembelian asuransi.

Itulah beberapa tips agar Anda tepat dalam memilih perusahaan asuransi yang memiliki produk sesuai kebutuhan Anda. Sekali lagi jangan pernah sungkan untuk memberikan informasi yang lebih detail kepada tenaga pemasar dan bertanyalah jika Anda kurang mengerti akan produk-produk yang belum Anda ketahui. Karena sifat asuransi adalah perjanjian jangka panjang oleh karena itu pilihlah dengan tepat dan sesuai kebutuhan Anda, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Dalam Memilih Asuransi Yang Tepat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>