Sabtu, 11 Februari 2017

Pengertian Asuransi dan Manfaat Berasuransi



 Pengertian dan manfaat asuransi. - Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian resiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan atau mentransfer dari suatu pihak ke pihak lain yang dimana hal ini adalah perusahaan asuransi. Asuransi memang belum terlalu akrab untuk
masyarakat menengah ke bawah, berbeda dengan negara maju, memiliki asuransi sudah menjadi hal yang umum bahkan menjadi sebuah kewajiban. Karena tingkat kesadaran mereka lebih tinggi akan pentingnya untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam mengantisipasi  hal-hal yang mungkin akan terjadi di masa depan. Memiliki asuransi memanglah sangat penting bagi kita karena kita tidak akan tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang contohnya adalah kecelakaan , nah jika kita tidak memiliki asuransi kita akan mengeluarkan banyak uang bahkan harus menjual sebagian harta kita untuk pengobatan. Sayang kan kalau kita harus mengeluarkan uang jutaan buat rumah sakit, dengan berasuransi kita akan bebas biaya atau paling tidak dapat meringankan beban biaya keluarga jika hal buruk terjadi. Jika kita sudah mangetahui apa arti dari  asuransi maka kita juga wajib mengetahui  manfaat-manfaat asuransi  asuransi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat asuransi secara umum yang dapat kita peroleh jika kita mengikuti program asuransi :

1. Memberikan jaminan perlindungan : dalam memberikan jaminan perlindungan asuransi memiliki beberapa uaraian yang terbagi menjadi 4 manfaat :
  • Asuransi jiwa : Dalam hidup ini kita tidak akan tau apa yang akan terjadi esok, jika sewaktu-waktu kita mengalami kecelakaan yang bisa berakibat fatal seperti kematian, cacat tetap atau cacat total dan dimana semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatan. Nah disinilah fungsi dan manfaat asuransi jiwa yang kita miliki, dengan begitu kita tidak akan susah lagi mencari biaya untuk pengobatan.
  • Asuransi kesehatan : Dengan memiliki asuransi kita tidak perlu bingung memikirkan biaya untuk pengobatan, karena kita bisa klaim ke perusahaan asuransi untuk membayarkan biaya rumah sakit tersebut dengan menunjukan surat keterangan dari rumah sakit sebagai bukti.
  • Asuransi pendidikan : Dari tahun ke tahun biaya pendidikan terus mengalami peningkatan dan kita tidak akan tahu berapa besar biaya pendidikan di masa yang akan datang, dengan berasuransi ketika anak-anak kita mulai menginjak dewasa maka disinilah peranan asuransi tersebut berada dan kita tidak akan khawatir apabila biaya besar menanti untuk pendaftaran pendidikan anak kita.
  • Asuransi Harta dan benda : Musibah memang tidak diinginkan banyak orang apalagi menyangkut aset/pendapatan kita seperti halnya kita memiliki perusahaan, toko, mobil dll. jika sewaktu-waktu bencana alam melanda contohnya adalah kebakaran maka harta benda yang berhubungan langsung dengan sumber pendapatan kita akan terproteksi oleh asuransi, jadi kita akan mendapatkan biaya pertanggungan sesuai dengan kesepakatan dari perusahaan asuransi.
2. Membantu mengelola/mengatur keuangan : Dengan berasuransi berarti kita telah diwajibkan untuk membayar premi sesuai jangka waktu pembayaran yang telah di sepakati. Sehingga mau tidak mau kita harus belajar menyisihkan sebagian pendapatkan kita untuk dibayarkan ke perusahaan asuransi.

3. Sebagai sarana investasi :  Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah atau pemegang polis ke perusahaan asuransi berarti kita telah mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak yang telah berlaku. Biasanya  ada tiga pilihan waktu masa pertanggungan pemegang polis yakni 3, 5,7 dan 10 tahun. Selain itu, besarnya premi adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

4. Mempermudah mendapatkan pinjaman dari Bank : Untuk meminjam uang ke bank tentunya kita akan dimintai beberapa persayarata yang terkadang tak masuk akal. Tetapi saat kita memiliki asuransi bagi barang jaminan kita, pihak bank tak akan berpikir panjang untuk pengajuan kita, sebab asuransi merupakan jaminan perlindungan atas barang kita, sehingga sangat aman apabila terjadi suatu masalah.


Itulah beberapa manfaat asuransi yang bisa membantu meringankan segala sesuatu apabila terjadi resiko kepada kita, tentunya kita tak perlu khawatir lagi karena ada perusahaan asuransi yang telah mengcover atau memberikan proteksi apabila terjadinya suatu resiko terhadap kita. Janganlah kita menganggap asuransi itu merugikan tetapi anggaplah sebagai investasi kita untuk masa depan, pahami betul apa yang disampaikan agen-agen asuransi agar kita mengenal betul asuransi yang menjadi pilihan kita. Berinvestasi lebih baik daripada menghambur hamburkan uang untuk hal yang kurang bermanfaat, ingat semakin lama semua kebutuhan kita semakin mahal apalagi kesehatan itu yang paling mahal. Mari bijak dalam berasuransi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Asuransi dan Manfaat Berasuransi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>