Selasa, 21 Februari 2017

Kesalahan Dalam Perencanaan Hari Tua


Kesalahan dalam perencanaan hari tua-  Masa pensiun adalah masa yang tidak bisa kita hindari, karena setiap orang pasti akan mengalami masa dimana usia akan semakin bertambah,  dan seiring pertambahan usia tersebut kita harus mulai memikirkan perencanaan masa pensiun agar kita tidak menyesal dikemudian hari.
Kesalahan yang paling fatal adalah apabila kita gagal atau tidak memiliki perencanaan dana pensiun, dan seseorang yang gagal melakukan  perencanaan dana pensiun biasanya akan menurunkan atau mengurangi gaya hidup (lifestyle). Sementara seseorang yang benar-benar mempersiapkan dana pensiun, mereka akan menyisihkan sebagian dari penghasilan mereka untuk ditabungkan di Bank atau di investasikan, dinilai lebih aman karena uang kita disimpan oleh lembaga yang dipercaya dan memperoleh izin, serta diawasi oleh otoritas dalam pengelolaanya.
Kalau pun Bank kita bangkrut dan dicabut izin usahanya oleh Otoritas, maka simpanan uang kita masih tetap dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam merencanakan masa pensiun, diantaranya ialah  :

1. Mengandalkan pensiunan dari perusahaan
  Sebagai pekerja disuatu perusahaan maka kita berhak mendapatkan dana pensiun apabila usia kita telah mencapai batasan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Namun sadarkah Anda, meskipun telah menerima dana pensiun dari perusahaan tetapi,  Anda tidak mempunyai penhasilan bulanan lagi dan belum tentu juga pesangon yang diberikan perusahaan dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam waktu yang cukup lama. Maka selagi Anda masih bisa bekerja sisihkanlah sebagian dari penghasilan Anda untuk ditabungkan.''Mengapa Anda diharuskan untuk memiliki tabungan?''. Jawabannya adalah agar dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan atau bisa dijadikan modal untuk mendirikan usaha dan memiliki penghasilan kembali.


 2.Tidak memperhatikan inflasi
   Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dianggap terjadi apabila proses kenaikan harga berlangsung terus menerus dan saling mempengaruhi. Inflasi juga digunakan untuk mengartikan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab kenaikan harga. Banyak orang yang terlalu mengabaikan inflasi karena mereka tidak sadar apabila proses kenaikan harga akan terus mengalami peningkatan sementara mereka tidak mempunyai persiapan apapun. sebagai contoh adalah harga mie instant saat ini yaitu Rp.4000 dengan asumsi inflasi 4% setahun, maka 30 tahun lagi harganya akan naik menjadi Rp.13.000

3. Salah dalam membuat perhitungan
   Salah dalam membuat perhitungan seringkali menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan seseorang dalam mempersiapkan dana pensiun. Hal ini terjadi karena strategi yang telah diterapkan dalam merencanakan keuangan ternyata tidak sesuai dengan apa yang telah diperhitungkan selama ini. Untuk menghindari agar hal ini tidak terjadi, sebelum Anda melakukan / menerapkan strategi dalam perencanaan dana pensiun, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada teman/kerabat yang lebih memahami tentang keuangan.


Perencanaa keuangan memang sangat penting untuk menstabilitaskan ekonomi kita agar terhindar dari hidup boros dan kita lebih tenang apabila saat pensiun kita telah memiliki dana yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Silahkan Anda memulai perencanaan keuangan dari sekarang sebelum terlambat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kesalahan Dalam Perencanaan Hari Tua
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>