Senin, 27 Februari 2017

Beberapa Alasan Mengapa Harus Menabung




Beberapa alasan mengapa harus menabung-  Pernahkah kamu mendengar kalimat menabung saat kamu masih kecil. Yah, kalimat  itu memang tidak asing lagi karena memang waktu yang tepat untuk belajar menabung adalah dimulai sejak usia dini. Dan akan ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari kita menabung, salah satu contohnya adalah
kamu pasti pernah ingin membeli sesuatu dan kamu belum memiliki uang yang cukup, pada akhirnya kamu mengumpulkan sedikit demi sedikit hingga kamu berhasil membeli sesuatu yang kamu inginkan. Masih ada banyak sekali contoh yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, karena kali ini saya akan share "beberapa alasan mengapa kita harus menabung".

Mari belajar berhemat mulai dari sekarang, karena pengelolaan keuangan yang buruk dapat menambah beban kehidupan. Sebanyak apapun penghasilan kamu pasti akan kamu habiskan sebanyak itu pula jika tidak ditabungkan, sehingga kamu akan berhutang jika memiliki keperluan yang mendadak.
Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa membuat  kamu yakin dan mau menyisihkan sebagian dari penghasilan kamu untuk ditabungkan : 
  • Memberi Rasa Tenang Menjalani Kehidupan
Dengan memiliki tabungan kita tidak perlu lagi khawatir untuk menghadapi masa depan yang tak menentu, karena tabungan adalah jaminan pasti untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.
  • Menghadapi Kejadian Tak Terduga di Masa Depan
Dalam kehidupan ini tak ada satupun orang yang tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, karena roda kehidupan terus berputar terkadang kita berada diatas, kadang pula kita berada dibawah. Meskipun kita tidak pernah meminta untuk berada dibawah namun akan ada saatnya setiap orang mengalami hal tersebut. Oleh karena itu betapa pentingnya agar kita mempersiapkannya mulai dari sekarang. Contoh : Misalkan Anda sakit, tentunya Anda membutuhkan biaya untuk berobat dan jika Anda memiliki tabungan maka Anda tidak perlu panik lagi untuk membeli / mengurus segala biaya pengobatan atau paling tidak meringankan beban lah ya.
  •  Belajar Mengelola Keuangan Pribadi
Kadang kita tidak tahu kemana saja uang kita telah dibelanjakan, karena tanpa kita sadari tiba-tiba uang kita habis dan pada akhirnya kita sibuk mencari pinjaman kesana kemari. Nah, ini adalah salah satu contoh bahwa kita tidak memiliki perencanaan keuangan dan kita hanya membelanjakan uang begitu saja. Dalam pengelolaan keuangan yang benar pasti kita memiliki perencanaan untuk membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan, sehingga kita bisa berhemat dan memiliki dana yang cukup untuk ke depannya.
  • Sarana Investasi 
Berinvestasi adalah salah satu termasuk perencanaan keuangan yang baik. Apabila tabungan kita sudah terkumpul banyak, kita bisa gunakan sebagai modal untuk berinvestasi tetapi dengan catatan apapun bentuk investasi yang kita jalankan, kita harus berhati-hati dan merencanakannya dengan baik agar tidak mengalami kerugian. Saran saya berinvestasilah yang memiliki bentuk resiko kerugian yang kecil,  misalnya berinvestasi tanah atau emas.
  • Persiapan Masa Pensiun
Seiring berjalannya waktu semakin pula usia kita bertambah dan masa pensiun adalah masa yang tidak bisa terelakan. Oleh karena itu betapa pentingnya menabung untuk memersiapkan masa pensiun agar kelak walaupun kita sudah tidak lagi menjadi pekerja kita tetap memiliki simpanan uang yang bisa meringankan untuk memenuhi kebutuhan atau dengan memiliki tabungan kita bisa gunakan sebagai modal untuk membuka usaha, lumayan kan untuk menambah penghasilan.

Menabung memang membutuhkan kesabaran dan komitmen yang tinggi, karena untuk menyisihkan uang dan membatasi sifat komsutif kita tidaklah mudah. Jika kita terus menunda-nunda, sampai kapan pun kita tidak akan memiliki tabungan. Dari beberapa alasan yang kita bahas kali ini sudah jelas bahwa menabung memiliki dampak yang positif . Tunggu apalagi yuk, biasakan diri untuk menabung.

Bagikan

Jangan lewatkan

Beberapa Alasan Mengapa Harus Menabung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Pan
2 Maret 2017 01.39

makasih sarannya , sangat bermanfaat

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>